Aku

Kebenaran itu mengajak bukan menginjak, merangkul bukan memukul, memeluk bukan menekuk, munculkan harapan bukan mupuskan harapan, tidak merasa lebih baik"

Cinta

Siapakah Engkau ya Rasulullah?

Tuhan

Tunjuklah kami jalan yang lurus yaitu jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat bukan jalan mereka yang sesat
 

Apa Sih Yang Dibanggakan Jadi Mahasiswa UAD!!!?

3/09/2011

Apa Sih Yang Dibanggakan Jadi Mahasiswa UAD!!?

Saya ingin membagi cerita pengalaman nyata yang tidak akan saya lupakan. Saya dulu kuliah S1 di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), sebuah PTS di Yogyakarta. Memang salah satu keberuntungan PTS di Yogyakarta adalah karena waktu itu PTS banyak dibantu tenaga dosen dari dosen-dosen PTN. Sehingga ilmu yang kami terima sudah barang tentu sama saja dengan yang diterima oleh mahasiswa negeri. Nah, salah satu dosen saya adalah berasal dari UGM tepatnya dari Fakultas MIPA, yaitu  bapak Drs. Bambang Nurcahyo Prastowo, M.Sc. Bisa dikatakan beliaulah yang membuka dan memberi kesempatan saya dan teman-teman mahasiswa saya dulu di jurusan Teknik Informatika bisa maju dan berprestasi. Sebelumnya kami pun sama dengan para mahasiswa yang dari PTS-PTS, merasa minder dan kurang bergairah untuk berprestasi. Namun, sejak dibimbing oleh beliau dalam suatu komunitas beliau mengatakan kata-kata “sindiran” penyemangat kepada kami, yang saya kutipkan sebagai berikut:
“…kalian ini dari UAD, yang cuma perguruan tinggi swasta, nggak terkenal lagi..! Coba tanya UAD ke orang lain, pasti kebanyakan nggak kenal. Bayangkan aja, kalian ini dari UAD, swasta nggak terkenal, mahasiswanya pun sudah duluan dicap bodoh jadi apa lagi yang menjadi kebanggaan kalian, apa yang bisa Anda banggakan dengan status kemahasiswaan kalian…? Beda dengan saya atau mahasiswa saya yang di UGM, sebodoh-bodohnya mahasiswa UGM, tetap saja dia dianggap mahasiswa pintar, lha wong dari UGM, salah satu PTN terkenal di negeri ini, apalagi bila mahasiswa tersebut berprestasi kan tambah terkenal nama UGM, begitu juga saya, semalas-malasnya saya mengajar, tetap saja saya dosen UGM, yang prestise…! Nah, oleh karena itu kalian yang dari UAD ini harus memiliki sesuatu yang bisa dijadikan “alat” untuk menunjukkan prestasi kalian sehingga bisa mengangkat harum nama kalian sebagai mahasiswa UAD yang dari swasta…”
Mahasiswa Indonesia yang ingin maju, bayangkan kalau Anda yang disinggung dengan kata-kata tersebut, mungkin reaksinya jadi sedikit tersinggung bukan? Begitu juga kami pada waktu itu. Tapi kami langsung menyerap maksud beliau berkata seperti itu dikarenakan beliau ingin memotivasi kami agar bangkit, maju dan berprestasi. Sejak itulah kami akhirnya menjadikan salah satu bidang dalam Informatika yaitu GNU/Linux yang menjadi “alat” kemajuan dan prestasi kami sebagai mahasiswa dan hasilnya sungguh luar biasa. Nama UAD telah tercatat sebagai salah satu kampus yang terkenal di bidang TI di Indonesia ! Bahkan dulu kampus negeri dan swasta pun mengakui bahwa kampus yang terkenal dengan Linux itu ya UAD. Kekuatan inilah yang sempat beberapa waktu menjadi nilai jual tinggi UAD di mata calon mahasiswa (termasuk Anda mahasiswa Informatika UAD sekarang bukan ? :)
Tampaknya juga saat ini kampus-kampus swasta sudah menerapkan cara seperti ini yaitu dengan memberikan sesuatu yang berbeda atau menjadi brand yang menunjukkan kelebihan kampus tersebut. Misalnya, STIMIK AMIKOM yang terkenal sebagai kampus yang menghasilkan para wirausaha (entrepreneur). Saya melihat Prof. Suyanto sebagai top leader mampu menerjemahkan visi dan misi kampusnya untuk bisa mengambil segmentasi yang berbeda dengan kampus-kampus lain. Alhasil, sama seperti UAD dengan brand Linux-nya, Amikom pun berhasil dengan brand kampus pencetak para entrepreneur selain kampusnya orang-orang berdasi.
Sebagai konklusi, maka bagi mahasiswa UAD, sekarang coba cari keunggulan khas Anda, buat tim atau gank kalau bahasa kalian. Cari leader gank yang kuat dan mulailah belajar dan bekerja keras membuat keunggulan dan prestasi demi prestasi. Kalau sudah mencetak prestasi maka pimpinan universitas pun pasti tidak segan-segan untuk memfasilitasi dan memberikan apa yang kalian mau demi kemajuan UAD secara keseluruhan dan khususwa mahasiswa yaitu Anda sendiri.
Saya tunggu prestasi-prestasi dan kebanggaan kalian menjadi mahasiswa UAD…!!!

Dikutip dari : http://blog.uad.ac.id/ardi/2010/05/16/apa-sih-yang-dibanggakan-jadi-mahasiswa-uad/