Aku

Kebenaran itu mengajak bukan menginjak, merangkul bukan memukul, memeluk bukan menekuk, munculkan harapan bukan mupuskan harapan, tidak merasa lebih baik"

Cinta

Siapakah Engkau ya Rasulullah?

Tuhan

Tunjuklah kami jalan yang lurus yaitu jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat bukan jalan mereka yang sesat
 

RESUME FILM PIRATES OF SILICON VALLEY

3/27/2011

Film ini menceritakan tentang kisah nyata yang dramatis dari beberapa orang dibalik perusahaan Microsoft dan Apple, dimana sosok itu antara lain adalah: Steve jobs dan Steve Wozniak yang merupakan orang penting dibalik berdirinya Apple Computer, dan orang-orang penting dibalik berdirinya Microsoft corporation yaitu Bill Gates,  Paul Allen, Ballmer dan kawan-kawan.Cerita ini dimulai di sebuah universitas dicalifornia yaitu berkeley  dimana tempat steve jobs dan steve woz menimba ilmu, dimana sekitar  tahun 1971  saat itu terjadi demo besar-besaran untuk kebebasan berbicara dan menentang keterlibatan Amerika dalam perang Vietnam. Sejak saat itulah steve dan woz melakukan exsperimen dengan dibantu oleh kapten crunch,seorang yang bisa dibilang aneh tapi menjadi pahlawan diberkeley saat  itu. Mereka menciptakan sebuah kotak biru kecil yang mamput digunakan untuk menelpon gratis kemana saja,karena teknologi ini mirip dengan peralatan telfon interlokal dari AT & T. Mereka terus mengembangkan kotak biru tersebut hingga suatu hari hampir ditangkap  polis karena barang  mereka buat  tidak legal. Dari situ steve dan was berfikir untuk menciptakan alat yang tidak merepotkan dirinya,yaitu sebuah komputer.Seperti halnya kita,steve dan woz pun hanya manusia biasa, namun  pikirannya yang revolusioner yang mampu membawa perubahan hidup bagi dunia.
Tidak hanya pengusaha yang mengalami kebangkrutan,namun merekapun pernah mengalaminya,hingga akhirnya mereka memberhentikan usahanya dalam beberapa minggu. Karena  tidak memiliki uang,akhirnya steve berani melakukan hal gila untuk mendapatkan uang,yaitu dengan menjadi badut untuk menghibur anak-anak disebuah taman kecil diberkeley. Namun apa yang terjadi,  steve merasa tidak nyaman dengan pekerjaan barunya  dan akhinya berhenti melakukanya. Dari situ steve Semakin hari semakin aneh saja tingkah lakunya. 

   Disisi lain bill gates dan kawan-kawanya hidup dengan santainya, namun  tetap berusaha mengembangkan microsoft miliknya,yang pada saat itu belum populer dan belum  banyak orang tahu. Lalu pada suatu saat mereka melihat peluang untuk membuat bahasa pemrograman komputer yang akan mereka jual keperusahaan untuk memproduksi altair komputer dari alburquerque. Pada saat itu paulah yang pertama kali datang keperusahaan itu untuk menunjukan bahasa pemrograman yang dijualnya yaitu bahasa fortran yang berguna untuk mengoprasikan Altair, pada saat itu bill gates ahli dalam bidang bahasa pemrograman fortran. Bill dan paul  akhirnya berhasil menjualnya keperusahaan dan saat itu  juga mereka mendapatkan hadiah komputer Altair karena telah membuat mereka terkesan. 

    Berbeda halnya dengan steve dan woz,saat itu sekitar tahun 1976 diberkeley tepatnya di homebrew computer club,sebuah tempat perkumpulan anak muda  belajar merakit dan membobol komputer,dan kebanyakan hasil rakitan tak berfungsi sama sekali.Disana mereka berani mencoba untuk memamerkan komputer  altair hasil buatanya dilengkapi dengan monitor,dan tanpa disangka mereka berhasil menerima order 50 unit.Mereka juga beruntung ketika sudah berkali-kali jungkir balik mencari  pinjaman duit dibank tidak diterima karena bank  menganggap usahanya  ini tidak berguna dan juga sudah menjual mobilnya,hingga pada suatu hari datang  mike markula  salah satu  orang  dari  intel corporation  menawarkan peluang bisnis kepada mereka dan disepakatilah bisnis itu dengan steve menanam saham untuk apple miliknya.

    Sedangkan pada tahun 1976   di albuqurque bill dan paul datang ke perusahaan tempat Mr. ed bekerja dengan tujuan meminta naikkan royalti dari setiap penjualan komputer altairnya,karena bill mengggap bahwa mesinnya itu brilyan,tapi perlu menggunakan bahasa pemrograman  fortran miliknya. Tanpa bahasa pemrograman yang bill buat mesin itu hanyalah sekedar  kotak kaleng yang menyala,dan dari situ akhirnya ed menyetujui kesepakatan itu.Untuk meyakinkan kepada tuan ed ,bill mengatakan bahwa microsoft miliknya memiliki sebuah kantor dengan cukup banyak pegawai,padahal sebenarnya mereka hanya tinggal  di motel murahan dengan hanya 2 pegawai mahasiswa saja. Lalu dengan kejeniusannya mereka berdua berfikir untuk menyewakan 2 kamar motelnya sebagai tempat prositusi agar bisa mendaptkan uang untuk menyewa kantornya. Pada saat juga bill mendapatkan informasi mengenai perusahaan  apple computer  yang meminta kontrak $21.000 untuk lisensi BASICnya,karena rasa penasaran  mereka memutuskan untuk pergi kecalifornia.

    Dari bisnis yang sudah dijalani steve dan woz akhirnya pada tahun 1977 mereka mencoba mengikuti sebuah acara pameran komputer yang diselenggarakan di san francisco. Saat itu mereka tidak yakin jika komputer apple buatanya disukai banyak orang,namun pada saat partama kali dibuka mereka tidak percaya banyak pengunjung yang tergila-gila dan  mengerumuni komputer buatanya. Pada pameran itu juga datang bill dan paul mereka hanya melihat betapa ramainya stand milik apple computer. Sejak saat itulah apple mulai disukai banyak orang hingga mereka mampu mendirikan kantor besar dan meluncurkan apple 2 ke pasar yang mampu bersaing  dengan IBM dan  terus berkembang dengan pesat. Hingga pada tahun1980, Melihat kesuksesan itu bill gates  tidak tinggal diam  dengan microsoftnya yang belum bisa berkembang sesuai yang diharapkan.Bill Gates berniat untuk bagaimana perusahaan IBM  bisa membutuhkannya,dari situ Bill memutuskan hal besar untuk menjalin kerjasama dengan IBM .Pada saat itu Bill menjual sebuah sistem operasi yang kita kenal sampai sekarang yaitu DOS(disk operating system),untuk solusi masalah mereka agar komputer IBM dapat befungsi. Padahal saat itu bill tidak memiliki sistem pengoperasian DOS yang dijanjikan pada pihak IBM. Bill berani menjanjikan tersebut karena paul pernah mengatakan bahwa ada satu tempat yang memiliki sebuah sistem pengoperasian.Dari situ dibelilah sistem pengoperasian itu seharga $50 ribu di seattle computer  company dan kemudian di utak-atik untuk disempurnakan hingga akhirnya dijual kembali kepada IBM dengan harga jauh lebih tinggi.Dari sinilah microsoft mulai dikenal banyak orang dan merupakan awal kesuksesan bill dan paul.

   Steve jobs pun tidak tinggal diam untuk  bisa menyaingi IBM  dipasar komputer,dengan cara melakukan inovasi baru dan menguasai pasar Apple yaitu dengan menerbitkan Lisa, sebuah komputer yang ia beri nama seperti nama anak pertamanya. Lalu dengan geniusnya  Jobs memanfaatkan proyek gagal dari perusahaan Xerox berupa teknologi mouse dan GUI (Graphic User Interface). Ia menggagas pembuatan komputer pribadi yang ia beri nama Macintosh.Dari kesukseskannya ini steve dan woz sudah bisa memiliki pesawat pribadi.

   Melihat keberhasilan apple mengluarkan produk baru Bill Gates tidak tinggal diam,dia berniat untuk bisa membajak sistem operasi dan grafik interface dari machintos yang baru akan diluncurkan  1 tahun kemudian dengan cara mengajak steve kerjasama dengan microsoft miliknya.Karena kejeniusan Bill Gates akhirnya Steve menyepakati kerjasama itu.Bill meyakinkan Steve dengan cara dia mengatakan bahwa IBM pesaingnya menginginkan produk microsoft  ,walaupun sebenarnya tidak.Dengan diterimanya Bill kerjasama, secara tidak langsung sama saja apple memberikan hartanya kepada microsoft. Bill Gates secara diam-diam mengutak-atik sistem operasi dan teknologi Macintosh dan meluncurkan apa yang kita kenal sekarang sebagai Windows, padahal saat itu Macintosh belum diluncurkan.Tapi karena kelihaiannya Bill Gates dapat mengelabui Apple, 

   Dari situlah Microsoft bekembang pesat dan justru menjadi pesaing berat bagi Apple.
Sementara di pihak Apple sendiri justru terjadi persaingan antara Macintosh dan Apple II ,namun  Steve Jobs malah menganggap hal ini sebagai sesuatu yang hebat dan dia menganggap macintosh adalah yang terbaik diantara pendahulunya yaitu Lisa dan Apple II.

   Bagi orang pada umumnya saat itu dapat dikata bahwa  Apple menghancurkan dirinya sendiri.
Akhirnya suatu hari Steve Jobs dipecat dari Apple yang pada saat itu John Sculley yang menjadi Presiden di Perusahaan Apple, steve dianggap membawa dampak buruk bagi kelanjutan Apple, namun sepeninggal Steve Apple justru dapat dibilang kurang Inovatif, maka pada tahun 1997 Steve Jobs secara resmi di panggil kembali ke Apple.

 hingga di akhir cerita, Bill gates telah menjadi orang terkaya di dunia dan telah juga memiliki saham Apple Computer milik steve .